Internasional

Trump Batal Lakukan Serangan Militer Untuk Balas Dendam ke Iran

Trump Batal Lakukan Serangan Militer Untuk Balas Dendam ke Iran

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa ia membatalkan serangan militer untuk membalas dendam Iran atas pesawat tak berawak AS yang tak berawak karena itu dapat menewaskan 150 orang, dan mengisyaratkan ia terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Teheran.

Sebuah rudal darat-ke-udara Iran menghancurkan drone Global Hawk A.S. pada hari Kamis. Teheran mengatakan pesawat itu ditembak jatuh di atas wilayahnya dan Washington mengatakan itu terjadi di wilayah udara internasional di atas Selat Hormuz.

Insiden itu memperburuk kekhawatiran akan bentrokan militer langsung antara musuh lama. Minyak berjangka naik lebih dari 1% di atas $ 65 per barel pada hari Jumat karena kekhawatiran tentang kemungkinan gangguan pada ekspor minyak mentah dari Teluk.

Keputusan Trump untuk membatalkan apa yang dia katakan adalah serangan yang direncanakan pada tiga situs menunjukkan dia menginginkan solusi diplomatik untuk mengakhiri berminggu-minggu ketegangan yang memanas dengan Iran, yang Washington tuduh akan serentetan serangan terhadap tanker minyak di wilayah Teluk.

“Saya tidak mencari perang, dan jika ada, itu akan lenyap seperti yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Tapi saya tidak ingin melakukan itu, “kata Trump kepada media dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada Jumat malam di lansir dari Reuters.

Trump Batal Lakukan Serangan Militer Untuk Balas Dendam ke Iran
Trump Batal Lakukan Serangan Militer Untuk Balas Dendam ke Iran

Sumber-sumber Iran mengatakan kepada media bahwa Trump telah memperingatkan Teheran melalui Oman bahwa serangan A.S di kutip dari Reuters.

akan segera terjadi, tetapi mengatakan ia menentang perang dan menginginkan pembicaraan. Washington juga meminta pertemuan tertutup Dewan Keamanan AS hari Senin. Departemen Luar Negeri membantah laporan Reuters.

“Laporan bahwa sebuah pesan disampaikan semalam kepada Iran melalui saluran belakang Oman benar-benar salah. Laporan ini murni propaganda Iran, ”kata juru bicara departemen itu Morgan Ortagus di Twitter. Dalam serangkaian tweet di pagi hari, Trump mengatakan dia tidak terburu-buru untuk melakukan pemogokan dan bahwa sanksi ekonomi A.S.

yang dirancang untuk memaksa Iran mengekang program nuklir dan misilnya dan keterlibatannya dalam perang regional berdampak.

“Kami dimiringkan & dimuat untuk membalas semalam,” tweet Trump.

“Sepuluh menit sebelum pemogokan, saya menghentikannya, tidak sebanding dengan menembak jatuh pesawat tanpa awak. Saya tidak terburu-buru, militer kita dibangun kembali, baru, dan siap untuk pergi, sejauh ini yang terbaik di dunia, ”tweet Trump.

Biasanya, militer AS akan berupaya untuk menargetkan fasilitas Iran yang dapat dihubungkan dengan penembakan pesawat tak berawak Amerika. Militer tidak akan berusaha untuk menimbulkan korban dan meskipun korban militer Iran dapat terjadi dalam serangan, perkiraan seperti 150 biasanya hanya perkiraan kasar. Penasihat keamanan nasional Gedung Putih John Bolton, Sekretaris Negara Mike Pompeo dan Direktur CIA Gina Haspel, bersama dengan sisa tim Trump, mendukung serangan balasan, kata seorang pejabat senior administrasi Trump.

kanalutama.com
the authorkanalutama.com