NasionalPolitik

Pengamanan Diperketat, Jokowi-Prabowo Dipastikan Hadir Di Debat Cawapres

Pengamanan Diperketat, Jokowi-Prabowo Dipastikan Hadir Di Debat Cawapres (kanalutama.com)Pengamanan Diperketat, Jokowi-Prabowo Dipastikan Hadir Di Debat Cawapres

Capres petahana nomor urut 01, Joko Widodo dan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dijadwalkan akan hadir menyaksikan debat ketiga Pilpres 2019 yang akan mempertemukan kedua calon wakil presiden yaitu cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno. Debat tersebut akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (17/3/2019) mendatang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan mengatakan, penjagaan keamanan akan dilakukan sama seperti saat debat kedua yaitu setelah kedua Capres dijadwalkan akan hadir.

“Ya karena direncanakan Pak Jokowi, Pak Prabowo juga akan hadir, meskipun ini debat cawapres tapi kandidat capres akan hadir sehingga paspampres TNI-Polri tadi juga memberikan paparan bahwa standar pengamanan akan sama dengan standar pengamanan Debat Capres,” tutur Wahyu di Hotel Sultan, Kamis (14/3/2019).

Selain dihadiri masing-masing capres, Komisi Pemilihan Umum (KPU)  juga mengundang sebanyak 500 orang lainnya termasuk para mantan presiden RI mulai dari BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk hadir dalam debat.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan (kanalutama.com)
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan

“Yang kita undang adalah para mantan presiden, para mantan wakil presiden, tokoh-tokoh masyarakat, akademisi, tokoh-tokoh pemuda, tokoh-tokoh agama, dan tokoh-tokoh lain yang relevan dengan tema. Misalnya tokoh-tokoh pendidikan, tokoh-tokoh ketenagakerjaan, kesehatan,” jelas Wahyu.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga mengalokasikan 450 kursi penonton untuk tamu undangan debat. Jumlah itu terdiri dari 75 pendukung paslon nomor 01, 75 pendukung paslon nomor 02, dan 300 orang tamu undangan KPU.

Untuk diketahui, debat ketiga Pilpres 2019 akan mengangkat tema Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan. Debat ketiga pilpres 2019 akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat dan akan disiarkan oleh Trans 7, Trans TV, dan CNN Indonesia TV.