NasionalPolitik

Soal Pelanggaran HAM, Jika Prabowo-Sandi Menang Akan Ada TGPF Kasus Novel Baswedan

Soal Pelanggaran HAM, Jika Prabowo-Sandi Menang Akan Ada TGPF Kasus Novel Baswedan

Sesuai dengan ketentuan komisi pemilihan umum (KPU) bahwa debat pertama akan digelar pada Kamis, (17/1/2019) dan tema yang akan dibahas mengenai hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, Dahnil Anzhar Simanjuntak mengatakan, calonnya siap menghadapi ‘serangan’ isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di debat Pilpres 2019 mendatang.

Untuk menghadapi debat perdana pada Kamis, (17/1/2019), capres Prabowo dan cawapres Sandiaga memiliki daftar isu HAM yang menjadi persoalan di pemerintah saat ini. “Sangat banyak (amunisi debat isu HAM),” ujar Dahnil di Kawasan Meruya, Jakarta Barat, Kamis (3/1/2019).

Dahnil menyebut, pada era pemerintahan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla banyak pelanggaran HAM yang terjadi. Salah satunya adalah kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzhar Simanjuntak
Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzhar Simanjuntak

“Saya pikir pelanggaran HAM yang dilakukan selama empat tahun ini banyak sekali terutama hak-hak ekonomi masyarakat, petani Kendeng hak tanah mereka kemudian ada lahan petani Karawang dulu dan banyak sekali. Saya pikir yang jadi perhatian,” tutur mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah.

“Dan jangan lupa penyerangan terhadap Novel itu bukan penyerangan pertama banyak penyidik KPK dapat perlakuan sama tapi tidak terblow up ini akan jadi persatuan bukan hanya pelanggaran HAM di masyarakat biasa tapi di era Jokowi,” lanjut Dahnil.

Ditegaskan Dahnil bahwa Prabowo Subianto berkomitmen untuk menuntaskan persoalan HAM.

Kemudian mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini juga menegaskan, bahwa Prabowo-Sandiaga sangat peduli dengan kasus Novel Baswedan.

Jika Prabowo-Sandiaga menang, kata Dahnil, akan ada pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk menuntaskan pencarian dalang dari penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

“Segera mungkin menyelesaikan kasus penyiraman, siapa pelaku apa motifnya nah itu akan kita punya keyakinan untuk bisa diselesaikan,” kata Dahnil.

Terkait pelanggaran HAM, jika kita tengok empat tahun ke belakang ada banyak sekali terutama hak-hak ekonomi masyarakat saat ini. Namun apapun bentuknya itu, pasangan Prabowo-Sandiaga telah siap dan memiliki amunisi untuk menghadapi isu pelanggaran HAM pada debat perdana.

Tinggalkan Balasan