NasionalPolitik

Sandiaga: Jika Diberi Amanat Pimpin RI, UMKM Akan Bebas Pajak Dua Tahun Awal

Sandiaga: Jika Diberi Amanat Pimpin RI, UMKM Akan Bebas Pajak Dua Tahun Awal

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno dalam kunjungan singkat di Yogyakarta, menyempatkan diri untuk bertemu para pelaku UMKM digital dari Yogyakarta, Temanggung, Klaten sampai Cilacap Jawa Tengah.

Berlokasi di Yoshugimedia group di Jalan Wonosari Km 8, Desa Potorono, Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Sandiago Uno mengaku cukup terkejut lantaran yang datang pelaku UMKM dari Cilacap yang cukup jauh dari Yogyakarta.

“Sebelum kita mulai dialog, tepuk tangan dulu untuk pelaku UMKM digital dari Cilacap yang jauh-jauh ke Yogyakarta,”kata Sandiaga Uno, Minggu 2 Desember 2018.

Mantan Wakil Gubernur DKI itu mengatakan keberadaan UMKM digital saat tumbuh sangat pesat bahkan omset mereka jauh lebih banyak dibandingkan perusahaan besar yang dibangun puluhan tahun silam. Padahal UMKM digital biasanya baru dibangun dalam hitungan tahun.

“Oleh karena itu UMKM nantinya harus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. UMKM harus bisa menyerap tenaga kerja,”katanya.

Sandiaga: Jika Diberi Amanat Pimpin RI, UMKM Akan Bebas Pajak Dua Tahun Awal
Sandiaga: Jika Diberi Amanat Pimpin RI, UMKM Akan Bebas Pajak Dua Tahun Awal

Sandi menyatakan, ada tiga permasalahan klasik yang dihadapi para pelaku UMKM digital. Di antaranya cara untuk bertahan hidup, meningkatkan produksi dan yang terakhir adalah modal.

“Tiga permasalahan itu yang harus dihadapi para pelaku UMKM digital, “kata Sandi.

Sandi juga mengatakan, untuk bertahan hidup, jika nanti dirinya diberi amanat untuk memimpin Indonesia maka kebijakan yang diberikan kepada UMKM adalah pembebasan pajak selama dua tahun awal sehingga mereka dapat tetap bertahan hidup tanpa memikirkan pajak.

“Selain pembebasan pajak dua tahun awal maka proses perizinan usaha juga harus cepat. Kalau bisa cuma isi aplikasi via internet maka dalam waktu 30 menit sudah selesai,”ucap Sandi.

Menurut Sandi, UMKM berkonstribusi 97,7 persen bagi penyerapan lapangan kerja di Indonesia. Sandi juga mengatakan 60 persen ekonomi Indonesia berasal dari UMKM.

“Di Yogya, digital market kontribusinya di atas 25 persen sampai 30 persen,” katanya.

Untuk itu, jika nanti pasangan Prabowo-Sandiaga diberi amanat memimpin Indonesia, maka akan ada pembebasan pajak selama dua tahun awal sehingga mereka mampu tetap bertahan hidup tanpa harus memikirkan pajak.

Tinggalkan Balasan