Internasional

Inilah Satu-satunya Negara NATO Dengan Panglima Tentara Wanita

Inilah Satu-satunya Negara NATO Dengan Panglima Tentara Wanita

Setelah penunjukan Mayor Jenderal Alenka Ermenc sebagai kepala staf, maka Slovenia menjadi satu-satunya negara NATO yang pasukannya dipimpin oleh seorang wanita.

Pengangkatan Ermenc disambut baik Presiden Borut Pahor, panglima tertinggi negara itu. Ia mengharapkan Ermenc untuk mulai meningkatkan keadaan buruk tentara saat ini, yang sebagian besar disalahkan lantaran kekurangan dana.

“Penunjukan Mayor Jenderal Ermenc diusulkan berdasarkan pengalamannya sebagai komandan satuan tentara Slovenia, atas kontribusinya untuk membentuk pasukan tentara profesional dan pendidikan sipil dan militernya,” kata pemerintah Slovenia dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari AFP, Rabu (28/11/2018).

Awal tahun ini, satu brigade tentara Slovenia gagal dalam uji kesiapan tempur NATO lantaran dinilai “tidak siap tempur”. Catatan itu diperbaiki setelah pelatihan tambahan dan tes baru dilakukan.

Mayor Jenderal Alenka Ermenc
Mayor Jenderal Alenka Ermenc

Saat ini, Ermenc (55) masih menjabat sebagai wakil kepala staf angkatan darat. Ia secara resmi akan mengambil alih jabatan pada hari ini. Ia akan menggantikan Mayor Jendral Alan Geder, yang sudah berada di pos itu sejak Februari.

Adapun Ermenc adalah seorang ibu tiga anak, lulus dari Royal College of Defense Studies di London dan melanjutkan untuk menyelesaikan gelar Master dalam Studi Internasional di King’s College University, London.

Sementara itu, ia memulai karir militernya sebagai anggota Pasukan Teritorial yang memainkan peran kunci dalam memenangkan kemerdekaan Slovenia dari Yugoslavia pada tahun 1991.