BisnisEkonomi

OJK Berikan Prioritas Tinggi Layanan Jasa Keuangan Untuk Masyarakat Kecil

OJK Berikan Prioritas Tinggi Layanan Jasa Keuangan Untuk Masyarakat Kecil

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen akan selalu siap  memberikan kemudahan akses keuangan kepada masyarakat kecil. Selain itu, OJK terus meningkatkan sosialisasi dan literasi keuangan di kalangan masyarakat kelas bawah.

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK mengatakan, OJK menyediakan akses untuk usaha mikro yang sulit mendapatkan pinjaman dari perbankan karena tidak adanya jaminan melalui bank wakaf mikro.

“Kami juga memberikan prioiritas tinggi pada masyarakat yang sulit mendapatkan layanan jasa keuangan karena ukuran kecil, tidak punya jaminan, tidak ada izin. Kami senantiasa hadir di masyarakat untuk membantu apa yang bisa dilakukan bersama pemangku kepentingan lain agar masyarakat dapat pembiayaan yang sangat murah, dan itu sudah diakukan pada bank wakaf mikro,” ujarnya di Gelora Bung Karno, Minggu (25/11/2018).

Lebih jauh, Wimboh menjelaskan skema pembiayaan terjangkau dengan bunga hanya 3% pertahun. Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat terbantu sehingga bisa memperbesar modalnya dalam berwirausaha.

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK
Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK

“Tentunya usahanya akan lebih besar lagi dan akhirnya bisa naik kelas, yang tadinya dari mikro kecil menjadi mikro dan UMKM kedepan. Kalau sudah naik kelas, skemanya sudah lain. Ini yang kami upayakan ke seluruh Nusantara. Jadi kehadiran OJK senantiasa dirasakan masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya.

Harapan Wimboh di hari ulang tahun OJK yang ke 7, mampu memberikan lebih banyak kontribusi kepada masyarakat terutama dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam mengatur, mengawasi dan melindungi masyarakat.

“Memang dunia ini tidak ada yang sempurna. Tapi kami paham kami akan terus memperbaiki kedepan dengan bersama-sama. Karena OJK tidak bisa bekerja sendirian terutama dengan masyarakat,” tandas Wimboh.