Kesehatan

Inilah Perbedaan Vegan Dan Vegetarian, Simak Yuk?

Istilah vegan dan vegetarian memang terdengar serupa, rasanya sudah tidak asing lagi. Tetapi keduanya menerapkan pola makan yang menjauhi produk hewani dan memiliki menu makanan yang berbeda untuk dikonsumsi para pelaku diet. Keduanya juga diklaim sebagai gaya hidup yang sehat. Lalu apa sih bedanya?

Praktisi vegan, Vivian Amelia, menjelaskan bahwa vegetarian adalah sebutan bagi mereka yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi daging hewan. Tetapi biasanya, vegetarian masih mengonsumsi produk turunan dari hewan seperti telur, susu, keju, dan madu.

Menurut perempuan yang juga bergelar Miss Vegan 2018 ini, vegan adalah versi atau tingkatan yang lebih tinggi dari penganut pola makanan nabati. Kelompok ini sama sekali tidak memakan hewan laut dan produk olahan maupun turunan dari hewan. Bahkan madu dari lebah pun dihindari.

Saking ketatnya, kaum vegan juga menentang penggunaan produk non-makanan yang berasal dari hewan, seperti pakaian dan sepatu, dan produk yang diujicobakan pada hewan seperti beberapa jenis kosmetik dan obat-obatan.

Inilah Perbedaan Vegan Dan Vegetarian, Simak Yuk?
Inilah Perbedaan Vegan Dan Vegetarian, Simak Yuk?

Adapun mengenai manfaat menjadi Vegan, sejak tidak mengonsumsi produk hewani, Vivian merasakan berat badannya lebih terkontrol. “Sebelum saya menjadi vegan berat badan saya dulu hanya 36 kg, namun setelah dua tahun saya menjadi vegan, berat badan saya normal menjadi 46 kilo dan lebih stabil,” kata Vivian, Selasa (20/11/2018).

Namun demikian, baik vegetarian dan vegan akan memberikan dampak kekurangan terhadap asupan beberapa nutrisi. Keduanya, harus memperhatikan strategi untuk mencukupi nutrisi dari makanan berbahan dasar tumbuhan. Diperlukan konsumsi makanan dan suplemen yang mengandung zat besi, omega-3, kalsium, vitamin D dan vitamin B12 bagi para pelaku kedua jenis diet ini.

Sebuah penelitian menemukan bahwa vegetarian mengonsumsi vitamin dan kalsium lebih banyak dibandingkan dengan vegan. Dikatakan pula bila dibandingkan dengan vegetarian, vegan dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Tidak hanya itu, vegetarian memiliki body mass index (indeks massa tubuh) yang lebih besar dibanding vegan.

Jadi, sekarang sudah tahu kan perbedaan antara vegetarian dan vegan? Sebelum menentukan jenis diet yang akan Anda pilih, pikirkanlah baik-baik dampaknya bagi kesehatan tubuh Anda.

Setiap mengawali diet, baik itu vegetarian maupun vegan, Anda harus melakukannya secara bertahap dan menyesuaikan dengan kemampuan tubuh. Jangan sampai diet yang Anda lakukan tidak cocok bagi tubuh dan malah menimbulkan masalah kesehatan.