Olahraga

Usai Digelar, Pelari Kenya Berhasil Dominasi Borobudur Marathon 2018

Pada Minggu 18 November 2018, Ajang Borobudur Marathon 2018 selesai digelar. Dalam event yang didukung oleh Bank Jateng ini, pelari-pelari asal Kenya berhasil mendominasi di nomor marathon 42k.

Di ajang yang digelar di sekitar kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, diikuti sebanyak  9.672 peserta. Untuk peserta marathon (42,195 kilometer) sendiri diikuti sebanyak 2.883 pelari dan dilepas pada pukul 05.00 WIB, yang ditandai dengan flag off atau pengangkatan bendera oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Adalah Geoffrey Birgen asal Kenya menjadi yang tercepat dengan catatan waktu dua jam 20 menit 08 detik, untuk nomor tersebut. Ketika hampir memasuki Km 23, Birgen sudah berada di posisi pertama dan meninggalkan jauh para pesaingnya.

Dilansir aplikasi tracking Borobudur Marathon, posisi kedua dan ketiga diisi oleh rekan senegara Birgen, yakni Boaz Kipkorir Kipyego dan David Kipruto Ngetich. Sementara, Hamdan Sayuti, menjadi pelari Indonesia pertama yang memasuki garis finis pada kategori ini.

Usai Digelar, Pelari Kenya Berhasil Dominasi Borobudur Marathon 2018
Usai Digelar, Pelari Kenya Berhasil Dominasi Borobudur Marathon 2018

Adapaun Hamdan menduduki peringkat keenam atau setelah deretan pelari asal Kenya dengan catatan waktu dua jam 39 menit 22 detik. Dominasi Kenya juga berlanjut di marathon putri, di mana Edinah Jeruto menjadi yang tercepat dengan dua jam 52 menit 48 detik.