Kesehatan

Benarkah Buah Manggis Bisa Sembuhkan Luka?

Belakangan ini buah manggis banyak dipromosikan karena diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jika dikonsumsi dengan benar. Kandungan antioksidan pada buah tersebut membantu untuk menyingkirkan radikal bebas dari dalam tubuh.

Berbagai macam suplemen buah manggis pun kini mulai banyak dipasarkan. Tidak hanya dalam bentuk suplemen, saat ini juga banyak diproduksi manfaat buah manggis dalam bentuk teh. Lantas, bagaimana khasiat buah manggis jika sudah diolah dalam bentuk teh?

“Kandungan oksidannya masih ada, tapi baiknya dikonsumsi secara langsung. Cuma balik lagi, kalau ingin memanfaatkan untuk tujuan pengobatan masih perlu dipertimbangkan. Sebab sebagian besar penelitian yang melibatkan buah manggis baik kulit maupun buah, masih terbatas pada tahap hewani,” kata Spesialis Dermatologi Klinik, dr. Lonah, SpF seperti dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 24 September 2018.

“Jadi tetap untuk pasien yang sakit lebih baik mengonsumsi sesuai resep dokter, ini hanya sebagai tambahan dan suplemen,” tuturnya.

Benarkah Buah Manggis Bisa Sembuhkan Luka?
Benarkah Buah Manggis Bisa Sembuhkan Luka?

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, buah manggis memiliki zat aktif yaitu xanthoneyang sudah terkenal. “Selain memiliki manfaat antioksidan, juga manfaat anti inflamasi dan antibakteri. Tetapi, ketiga manfaat tersebut belum dibuktikan pada manusia. Pada penelitianin vitro maupun penelitian in vivo atau penelitian preklinim sudah dibuktikan, tetapi pada manusia belum,” katanya.

“Ini terkait kandungan manggis yang mengandung antioksidan. Namun, kita tahu penyembuhan luka itu bisa dilakukan dengan beberapa faktor. Pertama itu kondisi lukanya sendiri, yang kedua keadaan fisik seseorang, usia juga memengaruhi proses penyembuhan luka,” tuturnya.

Selanjutnya adalah status gizi seseorang, apakah orang tersebut cukup gizi atau kurang gizi. Lalu, penyakit yang diderita dari seseorang sangat bervariasi.

“Jadi kalau dikatakan manggis untuk penyembuhan luka itu sepertinya belum bisa,” katanya.