Kesehatan

Ternyata, 5 Jenis Makanan Ini Kaya Probiotik

Kesehatan sistem pencernaan sangat penting untuk menyokong kesehatan tubuh secara menyeluruh. Salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan yaitu dengan mengonsumsi makanan penguat imunitas tubuh yang berasal dari probiotik alami.

Jika keseimbangan bakteri jahat dan baik mengalami gangguan, tidak jarang tubuh mulai alami masalah seperti konstipasi, buang gas terus menerus, diare kronis, bau mulut, hingga kembung dan perut kram. Sistem imun tubuh juga menurun dan memicu mudahnya bakteri membuat tubuh sakit.

Ketidakseimbangan bakteri di usus biasanya dipicu oleh beberapa hal seperti gula, antibiotik, alkohol, jarang menjalani aktivitas fisik, merokok, dan tidak mendapatkan durasi tidur yang baik. Sehingga, mengonsumsi probiotik sangat disarankan bagi tubuh dalam menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Berikut beberapa sumber probiotik alami yang baik untuk tubuh.

1. Acar

Ternyata, 5 Jenis Makanan Ini Kaya Probiotik

2. Yogurt

Ternyata, 5 Jenis Makanan Ini Kaya Probiotik

Banyak variasi dari yogurt yang bisa menjadi pilihan. Tetapi, kebanyakan dari kemasan yogurt yang berwarna, mengandung banyak gula.

Usahakan memilih yogurt dengan tanpa tambahan rasa. Pastikan melihat kandungan yogurt di kemasan sebelum membeli agar makanan ini mampu memberi efek baik probiotik.

3. Kimchi

Ternyata, 5 Jenis Makanan Ini Kaya Probiotik

Makanan khas korea ini terbuat dari sawi yang sudah dibumbui oleh bawang putih, cabai merah, jahe, garam, dan sebagainya. Bakteri baik di kimchi membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik dan terlebih mengandung vitamin, mineral, dan zat besi.

4. Cokelat hitam

Ternyata, 5 Jenis Makanan Ini Kaya Probiotik

Cokelat jenis ini mengandung serat dan probiotik baik dengan memberi efek antiinflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan. Pastikan anda konsumsi cokelat hitam dengan kandungan 70 persen kakao. Konsumsi maksimal dua potong sedang cokelat hitam dalam sehari.

5. Tempe

Ternyata, 5 Jenis Makanan Ini Kaya Probiotik

Makanan ini sudah dikenal oleh seluruh masyatakat Indonesia sebagai makanan hasil olahan kacang kedelai. Tempe mengandung sumber probiotik yang mengandung banyak protein. Dalam 3 ounce penyajiannya, terdapat 16 gram protein yang bermanfaat untuk tubuh.

Itulah beberapa sumber probiotik alami yang baik untuk tubuh. Semoga bermanfaat.