HukumNasional

Setara Institute: Hulu Dari Terorisme Adalah Intoleransi

Ketua Setara Institute Hendardi mengingatkan bahwa hulu dari terorisme adalah intoleransi. Maka itu, persoalan intoleransi di Indonesia harus juga dipandang penting.

“Intoleransi adalah anak tangga menuju radikalisme dan kemudian terorisme,” kata Hendardi dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Pemberantasan Terorisme, Legislasi, Tindakan Polisi dan Deradikalisasi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Menurut Hendardi, intoleransi tidak bisa hanya ditangani oleh Polri maupun Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui program deradikalisasi dan kontra radikalisme. “Intoleransi itu adalah lingkungan yang kondusif dan sehat bagi inkubasi aktor-aktor baru teroris,” ujarnya.

Ketua Setara Institute Hendardi mengingatkan bahwa hulu dari terorisme adalah intoleransi.

Sehingga, Hendardi mengingatkan agar permasalahan intoleransi tidak dianggap remeh. “Saya kira, persoalan intoleransi ini menjadi sangat penting harus dipandang sama seriusnya dengan memandang dan mengatasi persoalan terorisme,” pungkasnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu serangan terorisme terjadi di sejumlah daerah. Selain sejumlah gereja, kantor kepolisian juga disasar kelompok terorisme. Tidak sedikit korban jiwa dalam peristiwa yang beruntun itu.