Olahraga

Jelang Tanding Lawan Golovkin, Bobot Ideal Martirosyan Mampu Diperoleh

Sejak April 2005, sepanjang karier tinju profesionalnya, Vanes Martirosyan alias Nightmare banyak berlaga di batas kelas menengah junior (kelas welter super) yakni 154pon (69,9kg)).

Petinju Armenia-Amerika Serikat itu harus menaikkan badannya sebanyak 6pon untuk bisa menjajal raja kelas menengah IBF/IBO/WBA Super/WBC, Gennady Golovkin di ring tinju StubHub Center di Carson, California, AS pada Minggu (6/4) WIB.

Sebagaimana sebagian besar petinju, Martirosyan sering harus berjuang ekstra keras untuk memperoleh bobot ideal. Dua pekan terakhir, dia benar-benar berbeda, proses untuk mendapatkan bobot ideal mampu dilewati Martirosyan dengan lebih mudah.

Saat menyambut pertempuran ulang kontra juara kelas menengah junior IBO/WBA, Erislandy Lara di penampilan terakhir pada Mei 2016, Martirosyan harus menurunkan bobotnya hingga 8pon dalam 24 jam jelang acara timbang badan.

Sepanjang pekan ini, petinju berusia 32 tahun tersebut merasa lebih segar dan berharap bisa lebih tangguh ketimbang biasanya saat menjumpai Golovkin nanti. “Saya selalu berjuang lebih baik di kelas yang lebih tinggi. Setiap kali ada beban berat dalam karir saya, saya selalu melakukan yang lebih baik,” ucap Martirosyan.

Jelang Tanding Lawan Golovkin, Bobot Ideal Martirosyan Mampu Diperoleh

“Jadi saya pikir itu akan menjadi baik karena saya tidak perlu bunuh diri untuk membuat (154pon). Saya ingat ketika saya melawan Lara, sehari sebelum penimbangan, saya di 162pon. Saya harus memotong 8pon untuk membuat 154. Ini adalah 24 jam sebelum penimbangan. Jadi terkadang saya agak kesulitan membuat (154),” jelas Martirosyan, seperti dilansir Boxing Scene.

“Tapi saya membuatnya mudah, tidak masalah, karena, perjuangan seperti itu untuk semua petarung. Untuk kamp pendek seperti ini, ini sempurna. Bobotnya bagus dan semuanya bagus, dan kami tidak sabar untuk bergoyang,” kata Martirosyan lagi.

Sementara itu, berada di bobot 160pon (kelas menengah), Martirosyan merasa lebih besar dan berpikir itu adalah divisi yang bagus untuknya. “Saya pikir kami akan berada di sana untuk sementara waktu,” tukas Martirosyan .

Tale of The Tape
Gennady Golovkin vs Vanes Martirosyan
08 April 1982 Lahir 01 Mei 1986
Kazakhstan Asal Amerika Serikat
179cm Tinggi 182cm
178cm Jangkauan 178cm
GGG / Triple G Julukan The Nightmare
Orthodox Stance Orthodox
37 (33KO) Menang 36 (21KO)
Kalah 3
1 Seri 1