Teknologi

Tak Sengaja, Ilmuwan Ciptakan Enzim Mutan Pemakan Sampah Plastik

Para ilmuwan secara tidak sengaja sudah menciptakan enzim mutan yang mampu memecah sampah plastik biasa. Dalam sebuah terobosan yang bisa terbukti tidak ternilai dalam pertempuran melawan polusi laut, para ilmuwan mempelajari sejenis bakteri pemakan plastik yang ditemukan di Jepang sudah berhasil menghasilkan enzim yang sudah terbukti sangat efektif dalam memecah plastik PET (polyethylene terephthalate).

Pencapaian ini sepenuhnya tidak disengaja lantaran tim hanya mengubah enzim untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana ia berevolusi, bukan dengan sengaja meningkatkan efektivitasnya.

“Apa yang sebenarnya, ternyata adalah, kami malah memperbaiki enzim, tentu sedikit mengejutkan,” kata pemimpin studi Profesor John McGeehan dari Universitas Portsmouth. “Ini hebat dan temuan nyata.”

Tak Sengaja, Ilmuwan Ciptakan Enzim Mutan Pemakan Sampah Plastik

Hebatnya, enzim baru ini mulai memecah plastik dalam hitungan hari.

“Apa yang kami harap lakukan adalah menggunakan enzim ini untuk mengubah plastik ini kembali ke komponen aslinya, jadi kami benar-benar dapat mendaur ulang kembali ke plastik,” kata McGeehan.

“Itu berarti kita tidak perlu menggali lebih banyak minyak dan, pada dasarnya, ini seharusnya mampu mengurangi jumlah plastik di lingkungan.”

Sungguh temuan yang luar biasa. Semoga dengan adanya temuan ini akan mampu membantu mengatasi masalah sampah plastik di planet kita ini.