Internasional

Empat Anggota ISIS Diburu, Ancam Rumah Ibadah

Empat militan tengah diburu polisi Malaysia lantaran dicurigai merencanakan serangan terhadap tempat ibadah non-muslim, serta merencanakan penculikan dan pembunuhan polisi.

Dalam sebuah pernyataan, Kepala Polisi Mohamad Fuzi Harun mengatakan, enam anggota jaringan ISIS sudah ditangkap antara 27 Februari dan 1 Maret 2018. Tetapi, empat orang lainnya masih dalam pelarian.

Polisi mengatakan, orang-orang tersebut berbahaya dan dapat melancarkan serangan yang bisa menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional.

Dua dari tersangka yang terdaftar bernama Muhamad Faizal Muhamad Hanafi dan Muhamaf Hanafi Yah, keduanya berasal dari Kelantan. Buronan ketiga adalah Nor Fakhran Mohd Isa dan keempat adalah Awae Wae-Eya, seorang warga negara Thailand yang tinggal di provinsi Narathiwat, Thailand selatan.

Logo kelompok militan ISIS.

“Kami sudah memantau jaringan ini selama beberapa bulan terakhir. Kami meminta publik untuk memberi informasi jika mengetahui keberadaan keempat tersangka ini,” kata Kepala Bidang Terorisme, Ayob Khan Mydin Pitchay, dilansir dari Straits Times.

Berdasarkan informasi intelijen, Awae diyakini sebagai dalang dari kelompok tersebut. Diyakini pula, ia sedang berusaha untuk mendirikan sebuah jaringan ISIS di Thailand selatan.