BisnisEkonomi

Pelni Siap Layani Mudik Gratis Bersama 24 BUMN

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menyelenggarakan mudik gratis dengan 24 BUMN. Mudik bareng BUMN akan didukung 26 armada kapal Pelni, terdiri 1 armada tipe 3.000 pax, 11 armada tipe 2.000 pax, 9 armada tipe 1.000 pax, 3 kapal tipe 500 pax, dan 2 kapal Roro.

Angkutan Lebaran dengan kapal laut akan dilaksanakan mulai H-15 tanggal 31 Mei sampai H+15 yaitu tanggal 1 Juli 2018.

Ridwan Mandaliko, Corporate Secretary Pelni mengatakan Pelni siap mendukung kegiatan mudik bareng BUMN. Pihaknya menyediakan 202.300 tiket dengan berbagai moda, kereta api, bus, penyeberangan yang didanai 75 BUMN.

“Tahun 2018 ada 24 BUMN menyediakan mudik gratis dengan kapal laut Pelni. Kami siap mendukung kegiatan ini,” ujar Ridwan Mandaliko dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Bertahun-tahun, lanjut Ridwan mudik gratis terfokus di Jawa dari ibu kota Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian kecil ke luar Jawa. Tahun ini ada 24 BUMN memilih kapal laut Pelni untuk mudik gratis.

“Mudik gratis dengan kapal laut lebih Indonesia, lantaran bukan warga di Pulau Jawa bisa mudik gratis, tetapi warga di beberapa pulau di Nusantara disediakan sarana transportasi untuk mudik gratis,” kata Ridwan.

Pelni Siap Layani Mudik Gratis Bersama 24 BUMN

Beberapa BUMN yang menggunakan kapal Pelni untuk mudik gratis terdiri: PT Jasa Raharja, PT Pertamina, PT Semen Indonesia, PT Pupuk Indonesia, PT Timah, PT Pelindo 1, PT Pelindo 3, PT Brantas Abipraya, PT Jasindo, PT Jiwasraya, PT Jasa Marga, PT Pegadaian, PT LEN, PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), PT Indonesia Re (perusahaan asuransi), PT RNI, Perum Jamkrindo, Perum Peruri, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan PT Pelni yang akan memberangkatkan 1.000 pemudik ke pulau terluar.

Tarif kapal Pelni ini lebih murah dibanding tarif KA, bus maupun pesawat. Meskipun permintaan angkutan laut saat lebaran juga tinggi, tarif tidak naik lantaran tarif kapal Pelni ditentukan pemerintah, Pelni menjalankan penugasan pelayanan publik di laut. Pelni akan membantu sepenuhnya kepada 24 BUMN penyelenggara mudik gratis untuk melayani warga dari berbagai kota yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia.

“Pelni menyiapkan 54.000 tiket perhari selama angkutan Lebaran tahun 2018,” kata Ridwan. Penumpang kapal Pelni mendapatkan fasilitas tempat tidur, mandi air hangat, asuransi, makan sahur atau buka puasa, hiburan live musik di salon kapal, ibadah dan aneka kegiatan produktif pemanfaatan waktu berlayar. Mudik gratis dengan kapal laut dapat dikemas menawan, tidak membosankan dan memberikan nilai tambah bagi pemudik dan BUMN.