Wisata

Inilah 5 Destinasi Wisata Di Sukabumi Selain Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu yang berada di Sukabumi merupakan salah satu destinasi populer saat jalan-jalan ke wilayah Jawa Barat.

Tetapi,  Sukabumi yang mempunyai bentang alam komplit, mulai dari pegunungan, dataran tinggi, sampai pantai tentu mempunyai sederetan tempat wisata yang keren.

Dengan jarak yang tidak terlampau jauh dari Jakarta maupun Bandung, Kabupaten Sukabumi cenderung ramai setiap akhir pekan.

Kabupaten Sukabumi sendiri merupakan kabupaten terluas kedua se-Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bogor di sebelah utara, Kabupaten Cianjur di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Kabupaten Lebak di barat.

Penasaran ada apa saja disana? Yuk, simak dibawah ini destinasi apa saja sih yang bisa dikunjungi di Kabupaten Sukabumi;

1. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik merupakan satu di antara situs yang berada di Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Tepatnya terletak di Kampung Pasir Ceuri, Desa Cibenda, Kabupaten Ciemas. Ada dua danau di bawah aliran air terjun Curug Puncak Manik, yakni Leuwi Ngoplak dan Leusi Kaca.

Yang bikin unik dari curug ini adalah kedua danau tersebut belum diketahui kedalamannya sampai kini.

Ternyata Geopark Ciletuh Palabuhanratu sendiri juga merupakan kawasan wisata paket komplit. Ada air terjun, hamparan sawah, ladang, gunung, hutan, dan pantai.

Misalnya, di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, ada banyak curug lain selain Curug Puncak Manik.

foto: Curug Cikaso

 

Seperti Curug Cigangsa, Curug Awang, Curug Cimarinjung, dan Curug Cikaso.

2. Danau Bacan

 

Seperti Danau Kaolin di Bangka, Danau Bacan di Kabupaten Sukabumi ini merupakan bekas galian tambang. Daya tarik utamanya adalah air danaunya yang berwarna hijau.

Kalau berencana untuk menyambanginya, Danau Bacan beralamat di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

3. Gunung Guruh

 

Gunung Guruh sebenarnya adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

 

Di sini, Anda dapat mengunjungi Bukit Karang Para untuk menikmati pemandangan alam pedesaan yang masih asri. Karang Para juga menjadi lokasi seru buat berselfie ria.

4. Pantai di sepanjang pesisir selatan Sukabumi

 

Apabila ingin menikmati suasana pantai, cobalah melipir ke pesisir selatan. Ada banyak pantai yang dapat dikunjungi.

Seperti Pantai Ombak Tujuh dan Pantai Pangumbahan di Kecamatan Ciracap, serta Pantai Cimaja yang terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

5. Kampung Ciptagelar

 

Kampung Ciptagelar merupakan satu kampung adat yang ada di Sukabumi, sehingga dapat merasakan nostalgia Sukabumi zaman dahulu.

Bentuk rumah tradisional masih dipertahankan dan masyarakatnya pun masih memegang teguh adat istiadatnya di tengah arus modernisasi sekarang ini.

Untuk menyambangi Kampung Ciptagelar, bisa mencari alamatnya di Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Itulah 5 destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kabupaten Sukabumi selain Pelabuhan Ratu. Jika Anda berminat mengunjungi jangan lupa abadikan foto anda bersama pasangan atau keluarga.