Teknologi

AI ala Mi Mix 2S, Otomatis Mulai Asisten Suara Hingga Edit Foto

Hari ini, Xiaomi resmi memperkenalkan Mi Mix 2S, setelah sebelumnya ramai banyak diperbincangkan oleh para penggemarnya. Tidak hanya sekadar menjadikan kamera baru sebagai andalan namun juga mempunyai spesifikasi mumpuni dengan layar ber-bezel tipis full screen . Ponsel Xiaomi terbaru ini  juga mengutilisasi artificial intelligence/AI (kecerdasan buatan) dalam berbagai fungsinya yang terbaru. Apa sajakah itu?

Pertama, fungsi AI yang ada di kamera. AI akan melakukan pendeteksian, atau bahkan “pengeditan” foto secara otomatis ketika memotret sebuah objek, . Dalam keynote-nya, Lei Jun, CEO Xiaomi, menunjukkan bagaimana AI di Xiaomi Mi Mix 2S mampu mendeteksi foto lansekap bangunan dalam kondisi mendung. Yang kemudian secara otomatis “mengoreksi” saturasi dan tingkat kecerahannya. ”Kami memang banyak membenamkan fungsi AI di kamera. Kami menyebutnya AI Scene Detection,” ujar Lei Jun, Selasa (27/3/2018).

AI ala Mi Mix 2S, Mulai Asisten Suara hingga Edit Foto Otomatis
AI ala Mi Mix 2S, Otomatis Mulai Asisten Suara Hingga Edit Foto

Selain itu, AI di Mi Mix 2S juga mampu mengidenfitikasi objek, mengisolasi, dan secara otomatis membuat background menjadi blur. Jadi tidak perlu repot menggunakan dua kamera ganda di bagian depan untuk mendapat efek bokeh.

Fungsi lainnya adalah melakukan proses sintesis huruf dalam sebuah foto agar membuatnya terlihat lebih tajam. Juga dapat menerjemahkan kata dan kalimat dan mengkonversi mata uang yang lebih canggih di banding aplikasi serupa milik Google.

”Ketika kamera di enhance lewat AI, maka ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Kami akan terus mengembangkan teknologi ini,” ujar Lei Jun lagi.

Tetapi fitur kunci dari Mi Mix 2S adalah Xiao AI, seperti Siri di Apple, Google Assistan dan Bixby di Samsung. Bedanya, Xiao AI terlihat lebih advance atau canggih lantaran bisa menjalankan beberapa perintah secara simultan. Pengguna, misalnya dapat memerintah Xiao AI untuk menambah, mengurangi, dan mengali dalam satu kalimat.

Kecerdasan Xiao AI lainnya terlihat di atas kompetitornya ketika asisten suara itu mampu menjalankan perintah seperti, “Cari foto yang saya ambil di Shanghai Oktober kemarin”. Ketika ditanya, “Pakaian apa yang harus saya gunakan di Beijing besok?” maka Xiao AI akan menjawab, “Gunakan pakaian tebal sebab Beijing besok akan dingin,”. ”Xiao AI lebih baik dalam menjalankan perintah,” klaim Lei Jun.

Dan soal AI ini, Xiaomi memang terbilang serius. Hal itu ditandai dengan peluncuran Mi AI Speaker atau speaker Bluetooth dengan kecerdasan buatan yang dibanderol mulai Rp380.000.

Hanya Regional PR Manager Xiaomi Asia Tenggara, Stephanie Sicilia belum dapat memastikan kapan Xiaomi Mi Mix 2S menyapa Indonesia. Mi Mix 2S dipasarkan dalam tiga varian yaitu, model 6 GB + 64 GB seharga Rp7,2 juta, 6 GB + 128 GB Rp7,8 juta, dan 8 GB + 256 GB Rp8,7 juta.

Untuk model Xiaomi terakhir dilengkapi charger nirkabel  7,5 W. Mi Mix 2S yang akan mendukung semua frekuensi 4G LTE dan pra-order-nya dimulai sore tadi di China.

Ponsel tersebut rencananya diluncurkan pada tanggal 3 April. Selain pasar China, smartphone tersebut juga membidik konsumen Amerika Serikat.