Travel

Dua Negara Dalam Satu Perpustakaan, Kok Bisa?

Pernahkah kamu membayangkan berada di dua tempat berbeda dalam waktu yang sama? Sepertinya mustahil ya, kecuali kamu punya kekuatan membelah diri. Tetapi, sebuah perpustakaan dapat mewujudkan hal tersebut menjadi kenyataan.

Dikutip darilaman amusingplanet.com, The Haskell Free Library and Opera House mempunyai dua alamat berbeda. Bagi orang Amerika, perpustakaan ini berlokasi di “93 Caswell Avenue, Derby Line, Vermont”.

Tetapi, bagi orang Kanada, lokasinya terletak di “1 rue Church Street, Stanstead, Quebec”.

Kedua alamat ini sama-sama benar, dan salah satunya tetap akan membawa kamu ke gedung yang sama. Satu-satunya hal yang penting adalah dari arah mana kamu mendekatinya.

Dua Negara Dalam Satu Perpustakaan, Kok Bisa?

Kenapa bisa begitu?

The Haskell Free Library and Opera House terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Setengah bangunan berdiri di Derby Line, yang merupakan kota di Amerika, dan setengah lainnya berdiri di Stanstead, kota Kanada.

Menjadi kota perbatasan, Derby Line dan Stanstead memang mempunyai banyak keunikan.

Tetapi, yang paling mudah terlihat yaitu gedung The Haskell Free Library and Opera House ini.

The Haskell Free Library and Opera House bertempat di sebuah bangunan batu bertingkat dua yang didirikan pada abad ke-14.

Gedungnya dirancang dengan desain bergaya khas Kebangkitan Ratu Anne, yang merupakan tipikal perpustakaan umum saat itu.

Perpustakaan dan gedung opera ini dibangun oleh seorang Amerika, Carlos Haskell, dan istrinya yang berasal dari Kanada, Martha Stewart Haskell.

Setelah selesai dibangun, gedung tersebut disumbangkan kepada penduduk kedua negara.

The Haskell Free Library and Opera House memang sengaja dibangun di atas perbatasan sehingga baik penduduk Kanada maupun Amerika bisa memiliki akses yang sama ke perpustakaan.

Perpustakaan ini hanya mempunyai satu pintu masuk, yang berada di sisi Amerika.

Tetapi, orang Kanada tetap bebas untuk masuk dan menggunakan perpustakaan, selama mereka kembali ke negaranya begitu selesai.

Namun demikian, ada pintu darurat di sisi Kanada bangunan, tetapi tetap tertutup.

Di dalam gedung, sebuah garis hitam tebal melintasi lantai ruang baca perpustakaan yang membatasi perbatasan Kanada dan Amerika Serikat.

Sedangkan lantai atas pada bangunan ini difungsikan sebagai gedung opera, di mana garis hitam tebal juga memotong secara diagonal di kursi.

Sehingga panggung dan setengah dari jumlah kursi terletak di sisi Kanada, sementara sisa kursinya berada di sisi Amerika Serikat.

Demikian pula, di dalam perpustakaan, bagian buku anak-anak ada di sisi negara Amerika Serikat. Sedangkan, sisa dari koleksi buku dan ruang baca ada di sisi Kanada.

Oleh karenanya, bagi Amerika, The Haskell Free Library and Opera House kadang-kadang dianggap sebagai ‘satu-satunya perpustakaan di AS tanpa buku’, dan ‘satu-satunya gedung opera di AS tanpa panggung’.

Selama beberapa dekade, perpustakaan ini sudah menjadi pusat di mana penduduk dari kedua negara bertemu dan berinteraksi.

The Haskell Free Library and Opera House mungkin satu-satunya tempat di mana anggota keluarga yang dibagi oleh perbatasan Kanada-AS dapat saling bertemu tanpa harus secara legal melintasi perbatasan.

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, beberapa orang mencoba untuk mengeksploitasi kerawanan relatif di perbatasan ini.

Pada 2011, seorang pria Kanada ditangkap lantaran diduga menyelundupkan ransel yang penuh dengan senjata melalui toilet perpustakaan.

Setelah serangan 11 September, pihak berwenang juga mulai memperketat keamanan di perbatasan.

Jalan-jalan yang pernah menjadi tuan rumah bagi lalu lintas dari kedua negara ditutup, dan tanaman pot besar dipasang sebagai penghalang di hamparan perbatasan dekat perpustakaan.

Sebuah kendaraan Keamanan Nasional AS juga berada di luar perpustakaan, memantau pintu masuknya 24 jam sehari.

The Haskell Free Library and Opera House hanyalah salah satu dari enam bangunan yang berdiri di atas garis perbatasan.

Selain bangunan ini, Derby Line dan Stanstead juga berbagi beberapa keunikan lain. Seperti Canusa Avenue, di mana perbatasan internasional membentang tepat di tengah jalan.

Meskipun jalan itu sendiri ada di Kanada, rumah-rumah yang berada di tepi selatannya sudah masuk wilayah Amerika Serikat.

Jadi, setiap kali warga Amerika di tepi Canusa Avenue keluar dari rumah, mereka pada dasarnya sudah meninggalkan Amerika Serikat.

Dulu juga pernah ada kantor pos di Canusa Avenue yang melayani kedua negara — satu-satunya kantor pos internasional di dunia.

Kantor tersebut memiliki satu postmaster, dengan dua pintu dan dua bilik pos, yang masing-masing melayani pelanggan dari kedua negara.

Derby Line dan Stanstead berbagi sistem air yang sama. Air minum dipompa dari sumur di Kanada, disimpan di reservoir di Amerika Serikat dan didistribusikan melalui sistem yang dipelihara oleh orang Kanada.

Sedangkan limbah dari Kota Derby Line harus melakukan perjalanan lintas batas negara untuk diolah.

Pada zaman dulu, perempuan dari Stanstead harus pergi ke Vermont, AS untuk melahirkan lantaran kurangnya fasilitas kesehatan pemerintah dan akses ke rumah sakit Kanada.

Oleh karenanya, sebagian besar penduduk kota Stanstead yang berusia lebih tua memiliki kewarganegaraan ganda.

Meskipun Derby Line dan Stanstead memiliki kode area telepon yang berbeda, panggilan telepon antara dua kota ini bersifat lokal.

Dan terakhir, Haskell Free Library and Opera House diakui sebagai situs bersejarah di kedua negara lantaran nilai historisnya yang unik. Yakni, terletak di kedua negara, memiliki fungsi ganda, serta menjadi lambang dari kebersamaan penduduk dari Amerika Serikat dan Kanada.