Teknologi

Inilah 5 Smartphone Terbaik Versi Google Trends

MOBILE World Congress di gelar di Barcelona, Spanyol, pada 25 hingga 28 Februari 2018. Dalam acara tersebut, berbagai perusahaan teknologi ternama di dunia menunjukkan gadget dan fitur-fitur terbaik mereka pada 2018.

Diantara berbagai teknologi yang dikenalkan di ajang MWC 2018, ada lima perangkat yang cukup menjadi sorotan. Di antaranya adalah Asus Zenfone 5, Samsung Galaxy S9, Nokia 8110, Sony Xperia XZ2, dan LG VS30S ThinQ. Terlepas dari gembar-gembor Samsung Galaxy S9 di ajang MWC 2018, di Indonesia, Asus Zenfone 5 justru menjadi yang paling banyak dicari seusai MWC 2018.

Inilah 5 Smartphone Terbaik Versi Google Trends

Berdasarkan penelusuran dari Google Trends atas 5 smartphone dari kelima perusahaan tersebut selama 7 hari terakhir (1 Maret 2018-7 Maret 2018), Asus Zenfone 5 unggul dalam hasil pencarian Google, diikuti dengan Samsung Galaxy S9, Nokia 8110, Sony Xperia XZ2, dan LG V30S ThinQ.

Tidak hanya dalam Google Trends, Asus Zenfone 5 juga merupakan yang paling banyak dicari di YouTube dalam kurun waktu yang sama. Asus Zenfone 5 yang marak diperbincangankan lantaran disebut-sebut mempunyai  bentuk yang mirip iPhone X, unggul dalam pencarian Google. Zenfone 5 mempunyai layar lebih besar (6,2 inci) dibanding iPhone X.

Ponsel tersebut juga mempunyai dua kamera selfie dan dua kamera belakang. Diposisi kedua ada Samsung Galaxy S9 yang sangat ditunggu-tunggu di MWC 2018. Ponsel yang dikenalkan pertama di MWC 2018 tersebut membawa peningkatan dari segi performa kamera, seperti super slow motion fitur yang cukup banyak menarik perhatian.

Bagi pengguna bitmoji, fitur baru Samsung Galaxy S9 juga bisa mengubah wajah Anda menjadi emoji 3D dengan fitur AR Emoji. Nokia 8110 menduduki posisi ketiga dalam pencarian Google dikurun waktu ini. Ponsel yang baru dirilis ulang dengan fitur-fitur yang sudah diperbaharui ini juga dikenal lantaran bentuknya yang seperti Pisang dengan warna kuning cerah.

Ketenaran Nokia model ini juga melejit ditahun rilisnya lantaran kemunculannya di film Matrix yang sedang Booming saat itu. Tetapi, Sony Xperia XZ2 dan LG VS30S ThinQ tidak mendapatkan banyak perhatian bila dilihat dari hasil pencarian dibandingkan dengan 3 smartphone lainnya.

Sony Xperia XZ2 merupakan model flagshipyang dilengkapi layar 5.7 inci 18:9 HDR Full HD+. Ada pula versi kompak dengan layar 5 inci. Ponsel tersebut tidak lagi mengusung headphonejack 3.5 mm dan bergantung pada USB-C untuk earphone-nya. Spesifikasinya antara lain prosesor Snapdragon 845 dengan X20 LTE, 4GB RAM dan ROM 64GB. Keunggulannya ada pada kemampuan rekam video 4K HDR dengan format HLG (Hybrid Log Gamma). Juga super slow motion 960fps di 1080p (sebelumnya 720p). Terakhir adalah LG V30S ThinQ.

Model ini tidak ada perubahan fitur, tetapi lebih pada eksperimen bagi LG dalam mengembangkan kecerdasan buatan mereka sendiri. Samsung punya Bixby, Apple mengandalkan Siri. LG pun tidak ingin ketinggalan. Lantaran di masa depan fitur ini sangat penting.