BisnisEkonomi

Menhub: Kecewa Tinjau Terminal Pulogebang Tak Sesuai Harapan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke beberapa infrastruktur transportasi di Jakarta. Minggu, 04 Maret 2018 menhub berkunjung ke Terminal Pulogebang, Jakarta Timur dan siangnya dilanjutkan ke Jakarta International Container Terminal (JICT).

Menhub berkunjung ke Terminal Pulogebang, Jakarta Timur

Menhub  tiba di terminal Pulogebang dan langsung memantau proses pembelian tiket di Anjungan Tiket Mandiri di loket Terminal yang disebut-sebut terbesar se-ASEAN itu.

Tetapi ternyata tak sesuai harapan, menhub harus menyaksikan penumpang yang menunggu lama untuk bisa mencetak satu tiket secara online yang akan dibeli. Alasannya, jaringan atau koneksi internet pada jaringan tiket tersebut lelet.

“Mesti dicek, ini saya Minggu depan akan ke sini lagi, (masalah) di internetnya,” kata Budi di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.

Ia menekankan kepada Organisasi Angkutan Darat (Organda) sebagai pengatur sistem ticketing supaya memperbaiki sistemnya. Karena, kewenangan e-ticketing diserahkan kepada pihak swasta, dalam hal ini Organda.

Sesudah memantau proses pembelian tiket, menhub lalu memantau bus dari beberapa perusahaan otobus (PO) untuk melakukan ramp check alias menguji kelayakan bus dan sekedar berbincang dengan para penumpang.

Turut hadir mendampingi menhub, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono. Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, dan Ketua DPP Organda, Adrianto Djokosoetono.