LifestyleTravel

Jembatan Kaca di Atas Sungai Cisadane

Lokasi yang Instagramable kembali hadir di area Tangerang. Sesudah Kampung Berkelir dan ratusan taman cantik, kali ini ada Jembatan Kaca yang mengundang perhatian.

Jembatan Kaca atau disebut Jembatan Brendeng ini adalah jembatan yang mengubungkan 2 area kelurahan yaitu, Tangerang atau Benteng dengan Gerendeng

Jembatan Kaca atau disebut Jembatan Brendeng ini adalah jembatan yang mengubungkan 2 area kelurahan yaitu, Tangerang atau Benteng dengan Gerendeng. Jembatan ini, menjadi salah satu pilihan cocok sebagai lokasi swafoto para wisatawan.

Jembatan yang melintang di atas Sungai Cisadane ini tak seluruhnya berbahan dari kaca. Bagian transparan tersebut cuma ada sisi kiri dan kanan di tengah jembatan.

“Tidak seluruh kita berbahan kaca, mengingat jembatan ini akan digunakan untuk lintasan kendaraan juga. Jadi, hanya ada di bagian tengah, pinggir sisi kanan dan kirinya saja. Itu memang sengaja diberikan untuk lokasi berfoto dan masyarakat juga bisa melihat keindahan Sungai Cisadane dari beragam sisi,” kata teknisi Jembatan Berendeng, Dadang Suprapto, Minggu, 4 Februari 2018.

Jembatan yang terbuat dari kaca tersebut mempunyai luas 7×2,5 meter dengan pertimbangan muatan terbanyak 60 orang dengan beban masing-masing maksimal 80 kilogram. Ketinggiannya, jarak dari sungai dan jembatan adalah 5 meter.

Walau jembatan yang akrab disebut Jembatan Kaca ini belum diresmikan, tapi sejumlah wisatawan lokal telah mulai berdatangan untuk melihat dan memotret. salah satunya Chandra, yang datang bersama pasangannya dari Cikupa, Tangerang. Mereka sengaja datang hanya untuk menghilangkan rasa penasaran akan bentuk jembatan kaca tersebut.

“Penasaran ingin lihat dan foto. Terus sampai sini puas juga, nyatanya bagus banget. Dari atas sini kita bisa liat Sungai Cisadane hampir keseluruhan. Soalnya khusus di jembatan kaca ini ggak tinggi,” tandasnya.

Untuk menuju ke lokasi Jembatan Kaca atau Berendeng tersebut gampang. Karena letaknya berada di pusat Kota Tangerang, lokasinya gampang diakses oleh berbagai jenis kendaraan dan transportasi publik, Soal keamanan, jembatan itu sudah memenuhi standar baik dari jenis kaca yang digunakan maupun kekuatannya menghadapi cuaca.

Di sekitar jembatan pun terdapat jajanan pasar yang murah meriah. Bila sudah puas menikmati keindahan sungai dari atas jembatan, wisatawan bisa melangkahkan kaki menuju beberapa taman lain yang berada di pinggir sungai, seperti Taman Dayung hanya dengan menyusuri pinggiran Cisadane.