Internasional

Wah! Ada Pohon Besar di Tengah Stadion Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga yang digandrungi sebagian besar penduduk dunia. Pertandingan sepak bola selalu menjadi suatu tontonan yang dinanti-nanti oleh penggemarnya.

Di tengah lapangan sepak bola kebanggan Negara Chili itu menjulang sebuah pohon setinggi 10 meter.

Sebagaimana diketahui, pertandingan sepak bola digelar di lapangan rumput tanpa penghalang apapun, sehingga para pemain dengan leluasa gampang untuk mendribble bola dan memasukkannya ke gawang lawan.

Tapi ada yang lain dengan lapangan sepak bola di Negara Chili ini, tepatnya di Distrik Nunoa, Santiago. Di tengah lapangan sepak bola kebanggan Negara Chili itu menjulang sebuah pohon setinggi 10 meter.

Pohon ini sengaja tak boleh ditebang. Tidak ada mitos yang melatarbelakangi hal tersebut. Pohon Magnolia ini sengaja ditanam di tengah stadion untuk memperingati peristiwa penyiksaan tahanan politik pada tahun 1973.

Napak tilas Estadio Nacionale de Chile atau Stadion Nasional Chili di kota Santiago, Chili, Amerika Selatan

Dulunya di stadion kebanggan masyarakat Chili tersebut, bagian lapangan dan galeri merupakan tempat tahanan pria. Sedangkan tahanan wanita ditempatkan di dalam gedung dan ruang ganti kolam renang. Seluruh kamar ganti dan koridor stadion digunakan sebagai bagian dari fasilitas penjara. Sedangkan untuk interograsi, ditempatkan pada velodrome (arena balap sepeda).

Sesudah pohon ditanam, biasanya pintu stadion akan dibuka untuk umum. Selama sepekan, pengunjung dipersilakan menikmati kemegahan dan keindahan stadion terbesar di Chili tersebut.

Para pengunjung juga diminta untuk mengenang jiwa-jiwa yang sempat menjadi tahanan di sana. Selama peringatan ini berlangsung, sebuah lomba akan diselenggarakan di lapangan tersebut. Menjulangnya pohon di tengah lapangan sepak bola menjadi hiburan tersendiri bagi 15.000 penonton di sana.