Internasional

Shutdown Amerika Serikat Akhirnya Dicabut

Kongres Amerika Serikat akhirnya menyetujui rancangan budget pemerintah AS pada Senin, 22 Januari 2018 melalui pemungutan suara. Dilansir Reuters, 23 Januari 2018, kesepakatan akhirnya dicapai dan pemerintah memutuskan shutdown akhirnya dicabut.

Donald Trump, Pemerintah AS memutuskan shutdown akhirnya dicabut.

Kesepakatan dicapai sesudah perwakilan Partai Demokrat AS di Kongres sukses dilobi oleh Partai Republik. Demokrat disebutkan menerima janji dan tawaran yang diajukan oleh Partai Republik termasuk soal nasib para imigran.

Sebelumnya shutdown sempat terjadi di AS pasca gagalnya Kongres menyetujui rancangan anggaran yang diajukan pemerintah. Perihal itu diketahui juga pernah terjadi di pemerintahan sebelumnya.

Pemerintah AS mulai hari ini dibuka kembali, tapi Partai Republik disebut akan menginisiasi perubahan pada kebijakan imigrasi termasuk soal budget yang berkaitan dengannya.

Supaya Demokrat bisa menyetujui rancangan undang-undang itu, sebelumnya Trump dan lingkarannya juga melakukan komunikasi intensif untuk melobi pemimpin Senat dari Partai Demokrat, Chuck Schumer

“Saya akhirnya bisa lega karena Demokrat di Kongres bisa berpikir dengan logis,” kata Trump.

“Kita bersama-sama akanl menyusun perjanjian soal imigrasi yang dipastikan baik untuk negeri ini,” lanjutnya.