Internasional

Rencana Turki Menggelar Operasi Darat di Suriah

Perdana Menteri Turki, Binali Yildrim menyatakan, pihaknya mungkin akan melakukan operasi darat di wilayah Afrin, Suriah. Pernyataan ini datang tak lama sesudah Turki melancarkan serangan udara terhadap basis saya militer Kurdi Suriah atau YPG di Afrin.

Perdana Menteri Turki, Binali Yildrim

Yildrim menyebut, ada atau tidaknya operasi darat di Suriah bergantung kepada kesuksesan serangan udara yang dilancarakan kemarin dan berdasarkan perkembangan situasi di Afrin.

“Angkatan Udara kita menyerang sebagian besar sasaran yang sudah ditentukan. Tergantung pada keadaan, pasukan darat bakal melakukan tugas yang diperlukan, mereka akan bergerak bersama dengan pasukan pembebasan Suriah,” kata Yildrim dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (21/1).

Kemarin, Yildirim mengatakan bahwa jet tempur Turki sudah mengebom sasaran YPG dan PYD di kota Afrin di Suriah. Yildirim mengatakan bahwa militer sudah menghancurkan nyaris semua sasaran yang diidentifikasi di wilayah tersebut dengan serangan udara.

Pemerintah Suriah lalu melemparkan kecaman atas serangan udara Turki terhadap wilayah Afrin. Damaskus mengatakan Ankara tidak memberitahukannya mengenai operasi militer itu.

“Damaskus mengecam keras agresi Turki yang brutal ini terhadap Afrin yang adalahi bagian intrinsik tanah Suriah,” media pemerintah mengutip sebuah sumber resmi di Kementerian Luar Negeri negara itu.