Teknologi

Perbedaan Status “Last Seen” dan “Online” di WhatsApp

Pengguna WhatsApp pasti sudah tak asing lagi dengan status berbunyi “online” dan “last seen” yang biasanya terdapat pada bagian bawah nama kontak. Pernahkah terpikir bahwa kedua status ini mempunyai arti yang berbeda?

“Last seen” yang biasanya terdapat pada bagian bawah nama kontak

Menurut keterangan di laman WhatsApp, status “online” menunjukkan bahwa kontak yang dituju tengah membuka program WhatsApp di foreground dan terhubung ke internet. Artinya WhatsApp benar-benar sedang dalam keadaan berjalan dan tampil di layar telepon genggam.

Tetapi, hanya lantaran sedang “online”, tak berarti kontak yang bersangkutan sudah membaca pesan yang Kamu kirim.Mungkin ia sedang membaca pesan-pesan masuk dari orang lain -yang boleh jadi berjumlah sangat banyak- dan belum sempat membuka jendela chat dengan Kamu.

Mungkin juga sang kontak sedang menulis jawaban yang agak panjang ke orang lain. Jadi, jangan berprasangka dulu terhadap orang yang tidak langsung membaca pesan saat sedang “online” di WhatsApp.

Sementara, sesuai sebutannya, status “last seen” mengacu pada waktu terakhir program WhatsApp dibuka oleh sang kontak. Karena itulah status ini selaku diikuti oleh keterangan waktu.

Status “last seen” seorang kontak bisa tak terlihat karena beberapa sebab. Pertama, kontak tersebut memang menyembunyikan status “last seen” agar tak bisa dilihat orang lain. Kedua, Anda menyembunyikan status “last seen” diri sendiri, sehingga tak bisa melihat status “last seen” orang lain. Ketiga sang kontak tersebut mungkin menutup akses Anda.

Ketika diblokir oleh seorang kontak, maka Kamu juga tidak akan bisa mengetahui apakah kontak yang bersangkutan sedang “online” atau tidak. Status “online” tidak bisa dimatikan di WhatsApp, kecuali dengan memutus sambungan internet (mobile data) atau melakukan rooting.

Sebaliknya, status “last seen” bisa disembunyikan dengan mudah. Caranya adalah dengan menjalankan aplikasi WhatsApp, membuka layar menu lewat ikon 3 titik vertikal di sisi kanan atas layar, lalu pilih settings.

Selanjutnya pilih opsi account, buka pilihan privacy, kemudian pilih siapa saja yang bisa melihat status “last seen” Anda, apakah semua orang, kontak yang terdaftar saja, atau tidak ditunjukkan ke orang lain sama sekali..

Langkah-langkah di atas berlaku untuk WhatsApp versi Android. Untuk iOS, langkahnya sedikit lebih ringkas, yaitu langsung akses settings, lalu account, kemudian privacy. Seperti yang disebutkan sebelumnya, apabila Anda menyembunyikan status “last seen”, maka Anda juga tak bakal bisa melihat status “last seen” orang lain di WhatsApp