Lifestyle

4 Kebiasaan Buruk Bikin “Cepat” Tua

Proses penuaan memang sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Tapi, manusia masih bisa berupaya memperlambat jalannya proses ini.

Anda pasti berpikir, istirahat yang cukup, mengoleskan SPF untuk mencegah radiasi sinar UV, dan memakai krim malam sebelum tidur sudah cukup menghambat datangnya akibat penuaan.

Ternyata, keyakinan tersebut tidak sepenuhnya betul. Ada beberapa kebiasaan di malam hari yang masih sering kita lakukan, dan nyatanya mempercepat datangnya akibat penuaan.

Purvisha Patel, pakar dermatologi dan pendiri Visha Skincare, membocorkan beberapa kebiasaan malam hari yang malah mempercepat datangnya penuaan.

Inilah kebiasaan buruk tersebut.

1. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap memang nyaman sekali. sebab adanya gravitasi yang menarik cairan dalam muka mengalir ke bawah dan menumpuk di bagian mata, Tetapi menurut Patel, kebiasaan ini akan membuat mata menjadi sembab

Seiring berjalannya waktu, ini bisa membuat kulit wajah menjadi kendur dan kehilangan kolagen.

Supaya kita tidur dengan posisi terlentang untuk mengurangi dampak gravitasi ini, Patel menyarankan

2. Malas mencuci wajah

Terutama bagi wanita, sebelum tidur jangan sampai lupa menghapus riasan wajah. Mencuci wajah sebelum tidur sangat penting untuk menghilangkan kotoran, keringat dan makeup yang menempel di wajah.

“Jika Anda berolahraga dan berkeringat, atau memakai riasan, pori-pori akan tersumbat dan menyebakan timbulnya jerawat,” ucap Patel.

Apalagi bagi pemilik wajah berminyak, malas mencuci wajah justru akan membuat wajahnya semakin berminyak.

Patel merekomendasikan penggunaan pembersih wajah yang benar-benar ampuh membersihkan pori-pori supaya kulit segar, dan dapat melakukan proses regenerasi dengan baik saat malam hari.

3. Terlalu banyak memakai produk perawatan kulit

Jangan asal mencoba dalam menggunakan produk perawatan kulit

Iklan di tv yang menyuguhkan wanita cantik untuk promosi produk skin care seringkali menipu. Lantaran, tidak seluruh produk skin care cocok dengan jenis kulit kita.

“Produk yang mengandung retinol digunakan untuk mencegah keriput dan bila dicampur dengan produk benzoyl peroxide untuk melawan jerawat, dapat membuat kulit kering dan meningkatkan iritasi,” kata Patel.

Saat kulit kering dan teriritasi, kulit wajah akan memerah dan mengalami peradangan, sampai memunculkan garis-garis halus pada wajah..

Sebagai gantinya, tetaplah memakai produk yang cocok dengan jenis kulit kita.

4. Kurang minum air putih

Proses hidrasi juga penting bagi kulit. Patel mengatakan, air dikenal sebagai komponen penting bagi kulit dan struktur di bawahnya.

“Bila Anda mengalami dehidrasi, kulit bakal kehilangan daya elastisitasnya,” papar Patel.

Dehidrasi menyebabkan kulit kering tampak keriput dan menimbulkan cekungan di daerah mata.

Patel merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 6  gelas air putih setiap harinya.