Uncategorized

Profil: Kecamatan Kota Selatan, Gorontalo

  • VISI
    “Terwujudnya penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, koordinasi pelaksanaan pembangunan & pembinaan kemasyarakatan serta pelayanan umum”
  • MISI
    a.    Mewujudkan Efisiensi & Afektifitas penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah.
    b.    Mewujudkan Koordinasi yang baik didalam proses perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan pembangunan.
    c.    Mewujudkan pemberdayaan melalui peningkatan partisipasi masyarakat diberbagai, baik dibidang ekonomi, sosial, keagamaan/adat istiadat, iptek dan imtaq.
    d.    Mewujudkan penyediaan pelayanan umum yang cepat, aman, mudah dan murah.

Sejarah Singkat Berdirinya Kantor Camat Kota Selatan
Pertama kali dibangunnya Kantor Camat Kota Selatan yang baru yaitu pada bulan Mart 2004. Sebelum kantor Camat Kota Selatan yang baru telah selesai dibangun yaitu tepatnya pada bulan Juli 2004 barulah pindah ke Kantor yang baru. Setelah itu Bapak Camat Kota Selatan mengadakan Doa Syukuran yang dilaksanakan oleh para Pemangku Adat.

Adapun alasan yang timbul untuk pindah ke Kantor Kecamatan yang baru yaitu :
1.    Dilihat dari sudut keamanannya sudah tidak sesuai lagi
2.   Dilihat dari perkembangan yang ada bahwa kantor Camat yang lama sudah tidak sesuai lagi, maka oleh Pemerintah mencari Lokasi Pembangunan kantor yang baru. Setelah Pemerintah mendapatkan lokasi yang yaitu tepatnya berada disekitar Kelurahan Biawu. Hal ini dilaksanakan demi kelancaran pelaksanaan tugas terhadap pelayanan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Kota Selatan.
3.   Tempat pembangunan Kantor Camat Kota Selatan yang baru sangat cocok lokasinya dan strategis, sehingga menjadi pusat pemerintahan. Dikatakan sangat strategis sebab mudah dijangkau oleh beberapa Kelurahan yang ada di Wilayah Kecamatan Kota Selatan, selain itu lokasinya sangat strategis pemberian pelayanan terhadap masyarakat pun lebih diutamakan.
4.    Disamping itu pula Kantor Camat Kota Selatan diapit oleh 2 Kantor yaitu :
a.    Kantor Kepolisian Sektor Kota Selatan (Kapolsekta Gorontalo Selatan)
b.  Kantor Komando Rayon Militer 1304.02/Koramil Kota Selatan yang sekarang Kantor Tersebut sudah ditempati oleh Badan Narkotika Kota Gorontalo.
Dengan adanya 2 (dua) kantor tersebut tentunya memudahkan untuk saling koordinasi antar Instansi baik dalam hubungan Kriminalitas penduduk maupun pemakaian obat-obat terlarang,

Dalam ruang lingkup Kegiatan Pemerintahan Kecamatan meliputi 3 (tiga) aspek yaitu :
1.    Aspek Pemerintahan
2.    Aspek Ekonomi Pembangunan
3.    Aspek Sosial Kemasyarakatan
Dari 3 (ketiga) aspek tersebut tentunya tidak terlepas dari saling keterkaitan terhadap masyarakat yang dalam hal ini Pemerintahan Kecamatan selalu memberikan pelayanan secara optimal terhadap masyarakat, sehingga Pemerintahan Kecamatan merupakan Pelayanan Publik.

Kota Selatan adalah sebuah kecamatan di Kota Gorontalo, Gorontalo, Indonesia.. Adapun Letak Geografis Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo yaitu luas wilayah Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo 14,39 Ha yang secara geografis terletak pada :1° lintang utara 123°  bujur timur dengan luas per Kelurahan sebagai berikut :

    No    Kelurahan    Luas (Ha)

  1.    Biawao           0,39
  2.    Biawu             0,62
  3.    Limba U.I        0,48
  4.    Limba U.II       0,81
  5.    Limba B         1,12

 

Disamping itu pula Batas-Batas Wilayah Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo yaitu :
1.    Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Kota tengah.
2.    Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Kota Timur.
3.    Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Hulonthalangi
4.    Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Kota Barat.