Wisata

Pantai Siung, Surga bagi Pecinta Panjat Tebing

Pantai Siung merupakan kawasan wisata, dimana para wisatawan dapat melakukan segala kegiatan wisata pantai. Kawasan ini sejatinya berlokasi di Kecamatan Tepus, atau lebih tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Para wisatawan untuk sampai ke lokasi ini, akan menempuh jarak sekitar 77 kilometer. Kawasan ini dihiasi oleh bukit kapur dan hutan jati, dengan jalan yang berkelok, dan juga, di sisi jalan menuju ke pantai ini, dihiasi oleh ladang palawija.  Kawasan ini sangat mudah dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat. Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan, kawasan ini menyediakan penyewaan mobil.

Untuk memasuki kawasan ini, para wissatwan akan dikenakan biaya retribusi yang cukup sangat terjangkau. Para wisatawan hanya dikenakan biaya tiket sebesar 3000 rupiah, dan biaya parkir kendaraan sebesar 2000 rupiah. Akan tetapi, harga tersebut dapat diubah sewaktu-waktu oleh pengelola pantai. Kawasan wisata ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, walau fasilitas tersebut bukan fasilitas, yang tergolong mewah. Pada kawasan pantai sudah disediakan fasilitas berupa kamar mandi, lahan parkir dan juga banyak didirikan warung, yang menjajajkan makanan. Akan tetapi, dikawasan ini belum tersedia tempat penginapan, terlebih hotel.

Keistimewaan pantai ini adalah, karena pantai ini memiliki batu karang yang berukuran sangat besar, boleh tergolong berukuran raksasa. Bebatuan ini terhampar mulai dari kawasan Barat pantai, hingga kawasan Timur. Menurut masyarakat sekitar, asal muasal penamaan Pantai Siung, berdasarkan bentuk batu karang di kawasan wisata ini, yang menjorok ke dalam laut, dan bentuknya seperti gigi atau biasa dipanggil Siung Wanara. Dengan struktur bebatuan yang ada,  Pantai ini memiliki lokasi panjat tebing dengan 250 jalur berstandar internasional.

Bagi wisatawan yang menggemari kegiatan mendaki, maka batu karang ini dimanfaatkan sebai sarana untuk mendaki. Kawasan pendakian di kawasan Pantai Siung ini, diresmikan oleh pemerintah daerah, pada tahun 2005. Bagi wisatawan yang menggemari wisata alam, walau pun kawasan ini tidak memiliki tempat penginapan, tetapi kawasan wisata Pantai Siung ini memiliki kawasan kamping untuk berkemah. Kawasan berkemah ini terletak di kawasan timur pantai. Di sekitar pantai pun banyak masyarakat yang menjajajkan jagung bakar, sehingga para wisatawan dapat menikmati jagung bakar tersebut, bersama keindahan laut Pantai Siung. Pada kawasan perkemahan, pengelola pantai memiliki peraturan yang harus ditaati. Selain tidak mencemari lingkungan dengan membuang sampah sembarangan, para wisatawan tersebut tidak diperbolehkan mengganggu habitat penyu. Selain kawasan perkemahan, kawasan ini juga memiliki fasilitas rumah kayu, yang dapat menampung sekitar 10 hingga 15 orang.