Wisata

Kawasan Wisata Keluarga, Baturraden

Sebagai negara di kawasan tropis, Indonesia memiliki banyak potensi wisata berupa keindahan alam yang dapat dijadikan daya tarik di sektor pariwisata. Ada banyak daerah, termasuk Provinsi Jawa Tengah, yang memiliki objek wisata alam, dengan keindahan alam sebagai daya tarik utamanya, misalnya Tawangmangu, Guci, Baturaden, dan lain-lain. Dalam artikel ini, penulis bermaksud untuk meninjau kawasan wisata Baturaden. Baturaden yang terletak di sebelah selatan Gunung Slamet memiliki hawa yang sejuk dan cenderung semakin dingin di malam hari. Kawasan wisata ini, konon, berasal dari cerita tentang, cinta antara pelayan (batur) dan putri (raden) yang tidak disetujui oleh ayah sang puteri. Tetapi mereka dapat hidup bersama dengan bahagia sampai akhir hidup mereka

Kawasan wisata Baturraden dikelola oleh Kantor Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, merupakan kompleks rekreasi keluarga yang memiliki fasilitas rekreasi lengkap. Selain memiliki panorama alam yang indah, Baturaden memiliki cerita legendaris tersendiri. Baturraden terletak di kota utara Purwokerto, di lereng selatan Gunung Slamet. Kawasan wisata ini, terutama pada malam hari memiliki udara yang sejuk dan dingin, karena terletak di kaki gunung .

Baturraden juga merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Oleh karena itu, pemerintah setempat, bekerja sama dengan sektor swasta, berusaha untuk menghasilkan banyak uang mulai dari penginapan sederhana, hotel dan villa. Di kawasan wisata Baturaden ada banyak daerah yang menarik bagi wisatawan, seperti: air terjun, kebun raya, arena mainan anak-anak, dan museum yang menyimpan kerangka fauna yang yang khas. Selain itu, di kawasan wisata ini juga ada fasilitas untuk penggemar outbound dan taman bermain air. Pemandangan yang disajikan oleh kawasan wisata ini sungguh menakjubkan. Pemandangan di daerah ini, yang memiliki pemandangan paling indah adalah daerah yang menghadap Gunung Slamet. Melalui lokasi ini, wisatawan akan disajikan dengan pemandangan hijau sawah yang sejuk.

Jika para wisatawan bermalam di cottage yang terdapat di kawasan wisata ini, maka mereka akan disuguhkan oleh pemandangan danau yang menawa, walau danau tersebut merupana danau buatan. Danau buatan ini dihiasi oleh gazebo, yag dibangun oleh bahan alam, sehingga para wisatawan merasa benar-benar sedang berada di alam bebas. Pemandangan yang mengesankan, juga terdapat di kawasan kolam renang. Lolam renang ini menjadi salah satu pemandangan yang diandalkan di kawasan wisata ini. Pemandangan indah dari kolam renang ini dapat dinikmati oleh para wisatawan yang bermalam di Cottage.

Untuk mencapai kawasan wisata ini, para wisatawan harus tiba terlebih dahulu di kota Purwokerto, lalu mereka dapat mengikuti petunjuk arah menuju Baturaden. Akses jalan mmenuju kawasan wisata ini merupakan jalan yang beraspal halus, sehingga para wisatawan akan merasa nyaman untuk dating dengajn menggunakan kendaraan pribadi. Sementara bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan umum dapat menggunakan angkot jurusan Baturaden dari terminal Purwokerto